Wisata Kuliner di Surabaya

lontong balap

lontong balap

Berkunjung ke Surabaya tidak lengkap rasanya jika tidak mencicipi aneka hidangan khas Surabaya. Sebut saja lontong balap, semanggi, bebek goreng, sego sambel dan sate kelopo.

Berikut daftar tujuan wisata kuliner di Surabaya yang wajib kamu coba

  1. Lontong Balap Rajawali dan Lontong Balap Garuda Pak Gendut. Ini adalah masakan otentik khas Surabaya. Lontong balap terdiri dari lontong yang diberi campuran irisan tahu, irisan lentho, bumbu petis, lalu disiram dengan sayur toge / tauge dengan kuah yang begitu segar. Lontong balap biasanya disajikan dengan sate kerang dan minumnya es degan. Jika ingin mencoba lontong balap yang enak, datang saja ke Lontong Balap Rajawali yang ada di Jl. Rajawali, sebelah kanan jalan sebelum Jembatan Merah. Bisa juga ke Lontong Balap Garuda Pak Gendut yang ada di Jl. Kranggan, dekat BG Junction, atau cabangnya di Jl. Prof Moestopo seberang PDAM Surabaya
  2. Semanggi Suroboyo. Nah ini juga unik. Daun semanggi yang tumbuh liar di sawah maupun tambak di Surabaya Barat ternyata bisa menjadi makanan khas yang begitu melegenda. Jika ingin makan semanggi, datang saja ke Taman Bungkul setiap pagi, utamanya pas hari Minggu.
  3. Bebek Goreng. Surabaya gudangnya bebek goreng enak. Salah satu yang terkenal adalah Bebek Goreng Palupi di bilangan Rungkut. Selain itu juga ada Bebek Kayu Tangan di sekitar Bratang Gede, Bebek HT di Karang Empat, Bebek Kanwa di Jl. Kanwa, Bebek Wachid Hasyim dan Bebek Dua Putri di Jl. Jemursari, Bebek Pahlawan di Jl. Tembak’an dekat Tugu Pahlawan dan Bebek Harissa di MERR (Jl. Ir. Soekarno)
  4.  Sego Sambel. Nah bagi yang suka pedas, di Surabaya banyak terdapat warung yang menjual sego sambel. Ini adalah istilah lain dari penyetan. Yang terkenal ada Ponorogo SS dan Mbak Noer di Jagir Wonokromo, Penyetan Sambel Cadas di Ketintang, Seho dan Heho di Darmawangsa, dan banyak lagi sego sambel buka setiap malam di pinggir-pinggir jalan.
  5. Sate Kelopo. Nah, kalau bicara sate kelopo jujugannya ya di Jalan Ondomohen, sekitar Balaikota Surabaya. Di sana setidaknya ada 2 warung sate kelopo yang melegenda.
  6. Es Krim Zangrandi. Wah ini eskrim yang sudah menjadi icon Surabaya. Lokasinya strategis di seberang gedung DPRD Surabaya di Jl. Yos Sudarso. Suasananya otentik, masih seperti jaman dulu. Warung ini dulu sempat mau tutup, namun dicegah oleh Pemkot Surabaya karena dianggap sudah menjadi bagian dari icon bersejarah.

Nah itu tadi beberapa spot wisata kuliner di Kota Surabaya. Jika kamu ingin berkunjung ke Surabaya dan mencoba beberapa spot wisata kuliner tadi, hubungi saja YES Rent a Car yang siap mengantarkan kamu keliling Surabaya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *