Tempat Wisata di Pulau Madura

pantai-ropet

Madura merupakan sebuah pulau besar yang masih berada di dalam wilayah Provinsi Jawa Timur. Pulau Madura terdiri dari 4 Kabupaten, yaitu: Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan Sumenep.

Selain terdiri dari 4 kabupaten, Madura juga memiliki pulau-pulau kecil di sekitarnya. Misalnya Gili Labak, Gili Iyang, dan sebagainya.

Madura yang terkenal dengan karapan sapi dan dikenal luas sebagai pulau garam, ternyata juga menyimpan sejumlah tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Berikut ini beberapa tempat wisata di Pulau Madura yang bisa dijadikan tujuan wisata atau jalan-jalan akhir pekan bersama keluarga, khususnya bagi mereka yang tinggal di Surabaya mengingat jaraknya yang cukup dekat, bisa dijadikan alternatif tempat liburan selain pergi ke Batu.

Pantai dan Hutan Kera Nepa

Pantai Nepa terletak di Kabupaten Sampang. Selain pantainya yang indah dan bersih, di pinggir pantai Nepa juga terdapat Hutan Kera Nepa. Disebut hutan kera karena di sana terdapat ratusan, bahkan mungkin ribuan, ekor kera yang hidup di alam liar.

Lokasi Pantai dan Hutan Kera Nepa ini sekitar 2 kilometer dari jalan raya antara Sampang dan Pamekasan. Masuk ke kiri melalui jalan tanah yang hanya cukup dilalui 1 mobil saja, tidak bisa papasan di tengah.

Sayangnya di sekitar Pantai Nepa belum ada penginapan. Sehingga ketika berkunjung ke Pantai Nepa maka harus langsung pulang. Waktu yang tepat untuk datang ke Pantai Nepa adalah di pagi hari atau sore hari. Usahakan tidak terlalu sore karena untuk menelusuri hutan kera Nepa diperlukan waktu berjam-jam jika ingin masuk sampai ke dalam.

Air Terjun Toroan

Air Terjun Toroan juga terletak di Kabupaten Sampang. Lokasinya tidak jauh dari jalan raya dan cukup terlihat papan namanya. Disebut air terjun toroan, konon karena untuk menjangkau air terjun ini pengunjung harus berjalan turun terlebih dahulu. Berbeda dengan air terjun kebanyakan yang berada di dataran tinggi yang pengunjungnya harus berjalan naik.

Air Terjun Toroan ini tidak begitu tinggi. Mungkin hanya sekitar 10 meter. Air yang mengalir dari sungai langsung terjun ke tepi laut. Pengunjung dilarang untuk turun ke landasan air terjun mengingat kedalamannya mencapai 3 meter lebih sehingga sangat berbahaya.

Sama dengan Pantai Nepa, di dekat air terjun Toroan juga belum ada penginapan sehingga kalau mau datang ke sini harus lansung pulang lagi.

Pulau Oksigen Gili Iyang

Gili Iyang terletak di Kabupaten Sumenep. Untuk menyeberang ke Gili Iyang bisa ditempuh dengan naik perahu nelayan selama sekitar 30 menit hingga 1 jam tergantung cuaca.

Gili Iyang memiliki kandungan oksigen tertinggi kedua di dunia. Ada beberapa titik di Gili Iyang yang sudah ditandai sebagai tempat yang memiliki kadar oksigen tertinggi pada jam-jam tertentu.

Di Gili Iyang terdapat sebuah penginapan yang dibangun oleh BPWS (Badan Pengembangan Wilayah Suramadu). Pemuda setempat akan melayani pengunjung yang hendak berwisata ke Gili Iyang. Di pulau yang terdiri dari 2 desa ini, ada beberapa objek wisata yang bisa dikunjungi, misalnya Pantai Ropet dengan bebatuan karang yang terjal dan Goa Mahakarya yang luasnya mencapai 400 meter persegi.

Nah selain 3 tempat tadi, Madura masih menyimpan segudang tempat wisata lain yang tak kalah menarik. Tinggalkan komentarmu jika ingin mengetahui objek wisata lainnya di Pulau Madura.

Dan jangan lupa, jika ingin berwisata ke Madura, keperluan transportasinya selalu percayakan kepada kami perusahaan SEWA MOBIL SURABAYA yang sudah berpengalaman selama puluhan tahun melayani pelanggan setia.

1 thought on “Tempat Wisata di Pulau Madura”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *