aki kering mobil awet

Perawatan Aki Mobil Supaya Awet

Posted on

aki kering mobil awet

Pernah nggak kamu mengalami kejadian ini: ketika di suatu tempat yang jauh dari keramaian, tidak ada toko onderdil mobil, jauh dari bengkel, tiba-tiba mobil tidak bisa distarter atau dinyalakan?

Itu tandanya aki mobil sudah lemah / soak sehingga tidak mampu mengangkat dinamo starter yang bertugas menyalakan mesin. Ketika sudah terjadi, maka hanya ada 2 solusi yang dapat diambil, yaitu:

  1. Solusi pertama dengan melakukan jump start. Yaitu menghubungkan aki yang masih sehat ke aki mobil yang mogok menggunakan kabel jumper. Aki yang sehat tadi bisa berupa aki baru, atau powerbank (ya, sekarang ada powerbank yang bisa digunakan untuk menolong aki yang soak). Bisa juga berupa aki yang terpasang di mobil lain. Untuk menghubungkan aki sehat dengan aki yang sakit tadi diperlukan kabel jumper yang kuat dan bagus yang ujung-ujungnya terdapat penjepit yang masih bagus dan kuat pula. Jika kabel jumper dan penjepitnya sudah tidak baik, bisa-bisa malah terbakar ketika digunakan untuk njumper.
  2. Cara kedua dengan segera mengganti aki dengan yang baru. Spesifikasi akinya harus disesuaikan dengan spesifikasi yang diminta oleh mobilnya. Jangan memasang aki yang kebesaran atau kekecilan arusnya. Bisa bahaya!

Nah supaya kejadian mogok di jalan tadi tidak sampai terjadi, maka sebaiknya aki mobil mendapatkan perawatan rutin yang sesuai. Perawatan-perawatan rutin yang dapat dilakukan kepada aki mobil misalnya:

  • Secara rutin mengecek ketinggian cairan yang ada di dalam aki. Ini berlaku untuk aki basah yang menggunakan cairan. Jika cairannya sudah berada pada posisi LOWER, maka sebaiknya segera ditambah dengan cairan yang sesuai hingga posisinya menyentuh UPPER.
  • Tidak menyalakan peralatan elektronik tanpa menyalakan mesin mobil. Nah ini bisa gawat. Kadang pas mesin mobil tidak nyala, ada yang enak-enakan menyalakan radio / musik / sweeper / AC. Padahal ketika mesin mobil tidak nyala, maka energi yang ada di aki akan tersedot tanpa adanya penambahan energi baru dari dinamo amper. Akibatnya aki akan kehabisan energi dan bisa-bisa tidak kuat dipakai menyalakan mesin mobil. Meskipun kuat menyalakn mesin mobil, namun kejadian semacam ini dapat membuat aki cepat lemah.
  • Tidak menambahkan peralatan elektronik yang menyedot daya melebihi kekuatan si aki. Kadang untuk keperluan audio mobil, seenaknya saja kita menambahkan power dan speaker yang gede-gede. Padahal itu semua akan nyedot listrik dari aki. Jika kekuatan akinya tidak sesuai, maka aki bisa cepat lemah.

Nah itu tadi perawatan rutin, dan perlakuan yang baik supaya aki mobil tetap awet. Namun demikian, ketika sudah tiba saatnya, si aki memang harus diganti. Biasanya ketika usia aki sudah lebih dari 1 tahun maka harus mendapatkan perhatian dan perawatan yang lebih. Ketika mobil terkadang sudah mulai susah dinyalakan mesinnya, maka lekas cek kondisi aki. Jika perlu, segera ganti saja aki itu supaya tidak kesulitan ketika bepergian dan tiba-tiba mesin susah dinyalakan.

Semoga tips ini bermanfaat bagi pemilik mobil sekalian. Jika suka dengan artikel ini, silakan share di sosial media Anda. Terimakasih.

Salam,
Rental Mobil Surabaya Yes Rentcar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *